Jumat, 29 Oktober 2010

Mengurai Kemacetan di Medan

Kota Medan merupakan ibukota provinsi Sumatera Utara. Sebagai salah satu ibukota provinsi di Indonesia, Medan memiliki masalah klasik seperti kota-kota besar lainnya di Indonesia yaitu macet. Sebenarnya masalah ini sudah terlihat kira-kira 5-6 tahun yang lalu. Sekarang masalah itu sudah menyebar sampai ke pinggiran kota Medan. Walaupun begitu, kemacetan di kota Medan belum separah seperti di Jakarta. Tapi tidak menutup kemungkinan akan seperti disana. Melihat dari jumlah volume kendaraan baik roda 2 maupun roda 4 yang setiap tahun mengalami kenaikan, maka kemacetan kota Medan 5-6 tahun mendatang akan sama seperti di Jakarta.



Untuk itu sebagai warga kota Medan yang merasa terpanggil akan masalah ini. Bung Fadli akan mencoba mengurai masalah dan mencari solusi yang terbaik buat kota Medan tercinta ini. Berikut solusi yang Bung Fadli tawarkan :
  1. Menciptakan/menghadirkan angkutan massal yang dapat mengangkut penumpang dalam jumlah banyak.
  2. Tegakkan tertib lalulintas yang ada dan tindak oknum-oknum petugas yang "main mata" dengan pelanggar lalulintas.
  3. Hentikan kendaraan yang sudah tidak layak jalan yang mempunyai emisi gas buang yang dapat mempengaruhi kualitas udara di kota Medan.
  4. Hadirkan 1 hari setiap bulan tanpa kendaraan di kota Medan, seperti Car Freeday di Jakarta.
  5. Batasi jumlah kendaraan yang bisa dimiliki oleh 1 keluarga, yaitu 2 mobil dan 3 sepeda motor.
Dari 5 solusi yang Bung Fadli tawarkan, solusi no 1 adalah yang paling wajib untuk dikerjakan secepatnya. Karena dengan ada angkutan massal seperti monorel atau busway dapat menyerap penumpang yang banyak sehingga mereka tidak perlu menggunakan kendaraan pribadi untuk berpergian. Dengan berkurang jumlah volume kendaraan pribadi yang ada dijalan di harapkan berkurang pula kemacetan yang ada.

Sekian sedikit kritik dan masukkan bagi Pemko Medan sebagai tampuk pemerintahan di kota Medan tercinta ini. Semoga kota Medan ini bisa jadi kota yang lancar lalulintasnya dan menjadi salah satu kota Metropolitan di Indonesia yang jadi spot untuk di datangi wisatawan.

gambarnya comot dari sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar